Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

RUMAH ATSIRI Indonesia: Tiket, Sejarah & Jam Buka

2 min read

RUMAH ATSIRI Indonesia: Tiket, Sejarah & Jam Buka

Rumah Atsiri Indonesia merupakan pabrik produksi minyak atsiri yang sudah ada sejak zaman Belanda. Namun sekarang pabrik ini sudah disulap menjadi destinasi wisata Karanganyar yang cukup diminati oleh wisatawan.

Selain memiliki bangunan dengan arsitektur Eropa yang menarik. Taman ini juga memiliki berbagai macam koleksi tanaman serta taman bunga yang sangat indah. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat tempat ini memiliki udara yang sejuk.

Jam Buka: 10.00 – 17.00
Harga Tiket: Rp 50.000 /orang
Kontak: +6281211122263
Kegiatan: Ketinggian, fotografi, bermain, bersantai
Waktu Kunjungan: Bebas
Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792.
Fasilitas Umum: Mushola, Spot foto, Toilet, Warung, dan camping ground
Online Maps: Rumah Atsiri Indonesia

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia

Objek wisata ini berada di Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 9 kilometer dari Kota Karanganyar dan membutuhkan waktu perjalanan 20 menit dengan berkendara.

Sedangkan rute menuju Rumah Atsiri dari Alun-Alun Karanganyar cukup mudah, yaitu dengan menggunakan Google Maps atau menuju ke arah komplek Astana Giribangun.

Baca Juga: TENGGIR PARK Karanganyar: Tiket, Lokasi & Spot Foto

Fasilitas Rumah Atsiri

Berbicara soal fasilitas, tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat wisatawan gunakan diantaranya:

  • Tempat parkir
  • Restoran
  • Spot foto
  • Mushola
  • Toilet
  • Laboratorium

Tiket Masuk Rumah Atsiri Indonesia

Sebenarnya wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun uang dari tiket ini nantinya untuk membeli cinderamata dan untuk mengunjung workshop, museum, dan lainnya.

Harga Tiket Masuk
Voucher Masuk Rp50.000

NB: Pengunjung wajib membeli voucher Rp 50.000. Voucher tersebut nantinya dapat digunakan untuk kegiatan tour taman, tour museum, dan lainnya.

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke museum atsiri Indonesia mulai dari pagi hingga sore hari setiap harinya.

Jam Operasional
Setiap Hari 10:00 – 17:00 WIB

Daya Tarik Rumah Atsiri

RUMAH ATSIRI Indonesia: Tiket, Sejarah & Jam Buka
Rumah Atsiri Foto (Image Source: Google.maps.com)

Rumah Atsiri Tawangmangu menampilkan arsitektur yang unik dengan ciri khas bangunan Eropa. Hal ini dikarenakan tempat ini sebelumnya merupakan pabrik kerjasama antara Indonesia dan Bulgaria untuk produksi minyak. Pabrik ini selesai dibangun pada tahun 1967 dan berfokus pada produksi minyak atsiri yang terbuat dari bahan utama seperti serai wangi atau citronella.

Saat ini, pabrik minyak ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat produksi semata. Selain kegiatan produksi minyak, tempat ini juga berfungsi sebagai tujuan rekreasi edukatif. Di Indonesia, jenis tanaman atsiri ini sangat mudah ditemukan, bahkan di sekitar lingkungan kita, seperti salah satunya adalah jahe.

Bangunan era Belanda

RUMAH ATSIRI Indonesia: Tiket, Sejarah & Jam Buka
Image Source: Google.maps.com

Jangan salah paham tentang bangunan ini. Meskipun sebagian besar merupakan laboratorium, bangunan ini memiliki desain yang sangat menarik untuk diunggah di Instagram.

Dengan mempertahankan konsep asli yang ada, bangunan ini direstorasi dengan sangat baik sehingga menciptakan tempat-tempat foto yang indah.

Baca Juga: Telaga Madirda Karanganyar: Tiket, Jam Buka & Foto

Museum

RUMAH ATSIRI Indonesia: Tiket, Sejarah & Jam Buka
Image Source: Google.maps.com

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang alat-alat yang digunakan dalam proses pengolahan di Museum Rumah Atsiri sebelum menjadi produk yang menarik, kamu dapat menemukannya di sini.

Beberapa di antaranya termasuk alat penyulingan, alat pencacah, alat laboratorium, dan blueprint denah bangunan ini pada zaman dahulu.

Area Greenhouse

RUMAH ATSIRI Indonesia: Tiket, Sejarah & Jam Buka
Image Source: Google.maps.com

Rumah Atsiri memiliki taman koleksi yang mencakup lebih dari 80 jenis tanaman essential oil. Tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari negara-negara lain.

Di tempat ini, terdapat beragam koleksi tanaman atsiri yang menarik. Pengunjung diajak untuk mencoba memetik, memeras, atau mencium aroma tanaman tersebut. Tanaman-tanaman ini disusun dengan cara yang unik, sehingga tempat ini membentuk sebuah taman yang indah dan teratur.

Wisata Dekat Rumah Atsiri

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu mempunyai pemandangan air terjun yang berbeda dibandingkan dengan air terjun lainnya. Nama grojogan sewu sendiri berasal dari Grojogan yang berarti air terjun, dan sewu yang berarti seribu.

Tenggir Park

Tenggir Park merupakan wisata yang berada di kawasan Wisata Candi Sukuh. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat tempat ini memiliki panorama alam yang indah dan udara yang sejuk.

Kesimpulan

Berikut informasi dari yawisata.com tentang wisata Rumah Atsiri Indonesia Karanganyar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan.

Rate this post
Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Cepogo Cheese…

Luqman Hakim
2 min read

Wisata Alam…

Luqman Hakim
1 min read

Bantir Hills…

Luqman Hakim
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *