Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

HUTAN MANGROVE Kulon Progo & Lokasi

2 min read

HUTAN MANGROVE Kulon Progo & Lokasi

Hutan Mangrove Kulon Progo – Kulon Progo memang salah satu daerah yang memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Daerah yang terkenal dengan semboyannya “Binangun” ini memiliki wisata yang sangat kreatif dan menarik, salah satunya yaitu Hutan Mangrove Jembatan Api-Api.

Jembatan ini memiliki bentuk yang menarik dan berbeda dari jembatan pada umumnya. Desain utamanya terbuat dari bambu yang menjulang ke atas. Hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, apalagi lokasi ini juga menjadi tempat wisata instagramable di Kulon Progo dengan berbagai macam spot foto yang sangat menarik.

Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
Harga Tiket: Rp 5.000/orang
Kontak:  –
Kegiatan: Olahraga, fotografi, bermain
Waktu Kunjungan: 3 Jam
Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55654.
Fasilitas Umum: Mushola, Spot foto, Warung
Online Maps: View Maps

Alamat Hutan Mangrove Kulon Progo

Lokasi Jembatan Api-Api Hutan Mangrove berada di Pasir Mendit, Jangkaran, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata ini juga berada di dekat Pantai Congot yang hanya berjarak sekitar 300 meter saja.

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo ini lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Jogja. Sedangkan untuk rutenya Anda bisa menuju ke arah Jalan Wates. Setelah menemukan Patung Nyi Ageng Serang ambil ke arah Purworejo. Anda akan menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi wisata yang jaraknya sekitar 100 meter dari Jalan Purworejo.

Baca Juga: PANTAI GLAGAH INDAH Tiket & 4 Daya Tarik

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove

Wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata hutan mangrove jembatan api-api kulon progo akan dikenakan harga tiket yang cukup murah dan sangat terjangkau. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya spot foto.

Kategori Harga
Tiket Masuk / Orang Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Parkir Motor Rp 3.000
Wahana Perahu Rp 10.000

Fasilitas Hutan Mangrove

Meski lokasinya cukup jauh dari Kota Jogja, namun tempat wisata di kulon progo ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola diantaranya sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Perahu

Ekosistem Hutan Mangrove

HUTAN MANGROVE Kulon Progo & Lokasi
Image Source: okezone.news.com

Hutan Mangrove Jogja ini juga memiliki nama lain yaitu Hutan Mangrove Wana Tirta. Ketika memasuki wisatawan ini, wisatawan akan disambut dengan jembatan yang sangat unik dengan bahan utama terbuat dari bambu. Jembatan itu juga berfungsi sebagai jalan utama memasuki kawasan wisata hutan mangrove ini.

Selain itu, pemandangan lainya yang akan pengunjung dapatkan yaitu tanaman mangrove yang tumbuh di sekitar kawasan wisata ini. Tidak heran juga beberapa wisatawan sering menemukan ikan glodok, hingga berbagai macam habitat yang hidup di hutan ini.

Spot Foto Instagramable

HUTAN MANGROVE Kulon Progo & Lokasi
Image Source: visitingjogja.com

Terdapat juga spot foto menarik yang bisa wisatawan gunakan untuk berfoto bersama pasangan atau teman-teman. Wisatawan juga bisa menuju ke arah pantai dengan cara melewati jembatan bambu. Namun pengunjung dilarang mandi dan berenang di pantai tersebut karena cukup berbahaya.

Di area tengah, wisatawan akan menemukan spot foto berbentuk love yang sangat menari. Tidak heran jika wisatawan sering berfoto ditempat ini. Bergeser ke sebelah utara, di sini wisatawan akan menemukan ayunan yang bisa digunakan untuk bersantai sejenak.

Bersantai di Gazebo

jembatan api api kulon progo
Image Source: penginapan.net

Tidak jauh dari spot ayunan, wisatawan akan menemukan beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil mengabadikan pemandangan di sekitar kawasan wisata alam ini.

Terdapat juga spot foto utama yaitu replika menara Eiffel yang memiliki tinggi sekitar 10 meter. Uniknya lagi menara tersebut terbuat dari bahan dasar bambu. Tidak heran jika wisatawan harus mengantri terlebih dahulu untuk berfoto di tempat ini.

Wisata Dekat Hutan Mangrove

Pantai Congot

Pantai Congot adalah pantai yang memiliki luas sepanjang 6,5 kilometer dan menjadi muara sungai Bogowonto di Purworejo dan Kulon progo. Selain digunakan sebagai tempat wisata, pantai ini juga menjadi pendaratan perahu nelayan yang habis melaut.

Alamat Pantai Congot berada di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah salah satu wisata pantai di Kulon Progo yang sangat terkenal. Meski memiliki pasir berwarna hitam namun tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Alamat Pantai Glagah berada di Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Kesimpulan

Berikut diatas adalah artikel dari yawisata.com tentang wisata jembatan api-api kulon progo yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata tujuan ketika sedang berkunjung ke jogja.

Rate this post
Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

BUKIT MOJO…

Luqman Hakim
2 min read

AYUNAN LANGIT…

Luqman Hakim
2 min read

Menoreh Dreamland:…

Luqman Hakim
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *