Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Air Terjun Semirang: Lokasi, Rute & Jam Buka

2 min read

Air Terjun Semirang: Lokasi, Rute & Jam Buka

Air Terjun Semirang merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang berada tidak jauh dari Gunung Ungaran. Disini wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun sekaligus pepohonan pinus yang asri.

Kawasan wisata ini merupakan bantuan dari Perhutani melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain itu, wisatawan juga dapat mendirikan tenda di lokasi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket: Rp10.000
Kontak: 0811-2721-770
Kegiatan: Spot foto, Kuliner, Bersantai
Waktu Kunjungan: Bebas
Alamat: Gogik, Ungaran Barat , Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50551
Fasilitas Umum: Toilet, Mushola, Kolam Renang.
Online Maps: Air Terjun Semirang

Lokasi Air Terjun Semirang

Air terjun ini berada di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. Akses menuju lokasi juga cukup mudah dan dilalui menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan rute Air Terjun Semirang, anda akan menempuh jarak kurang lebih 22 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Baca Juga: Banaran Sky View: Harga Menu, Lokasi & Jam Buka

Fasilitas Air Terjun Semirang

Destinasi wisata semarang ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan diantaranya:

  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kolam renang
  • Cafe
  • Camping area

Tiket Masuk Air Terjun Semirang

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata air terjun ini akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Harga tiket sudah termasuk dengan wahana kolam renang.

Kategori Harga
Tiket Masuk Rp 10.000
Camping Area Rp 15.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Harga tiket masuk belum termasuk biaya sewa tenda bagi wisatawan yang ingin camping.

Jam Buka

Air Terjun Semirang buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB
Camping 24 Jam

Daya Tarik Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang: Lokasi, Rute & Jam Buka

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata di Semarang terbaru ini adalah pemandangan air terjun yang begitu menyejukkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer. Selama perjalanan wisatawan harus melewati sungai kecil yang menjadi muara dari air terjun tersebut.

Selama perjalanan wisata, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan beberapa satwa kecil yang menarik. Di antaranya adalah burung-burung cantik, kadal-kadal yang menjelajahi lingkungan sekitar, dan bahkan tupai-tupai dengan ekor panjang. Tupai-tupai ini termasuk dalam salah satu jenis satwa langka yang dapat ditemui di tempat ini.

Spot Foto Instagramable

Terdapat beberapa lokasi foto yang menarik di sini. Salah satunya terletak di sekitar area air terjun. Menggunakan air terjun sebagai latar belakang dapat menghasilkan foto yang terlihat sangat menyejukkan.

Selain itu, di area ini juga terdapat rumah pohon yang dilengkapi dengan banyak anak tangga untuk naik ke lantai atasnya. Dari rumah pohon ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan seluruh area wisata dan tempat ini sangat menarik sebagai lokasi berfoto.

Baca Juga: Umbul Songo Kopeng: Tiket Masuk, Lokasi & Jam Buka

Mitos Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang: Lokasi, Rute & Jam Buka
Image Source: Google.maps.com

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Air Terjun Semirang juga menjadi saksi dari cerita mitos yang sangat menarik. Di zaman dahulu, terdapat seorang wanita yang telah menikah bernama Sari. Suatu hari, Sari sedang mandi di air terjun ini. Setelah selesai mandi dan mengenakan kain jariknya, muncullah seorang jin yang bernama Barok.

Ketika Sari melihat kehadiran Jin Barok, ia terkejut dan berusaha untuk melarikan diri. Namun, ketika ia hendak menyeberangi lereng yang terpisah oleh jurang, kain jariknya ditarik oleh jin tersebut. Akibatnya, Sari terpaksa berada dalam keadaan telanjang ketika mencoba untuk melanjutkan upayanya untuk melarikan diri.

Momen di mana kain jarik Sari dilepaskan oleh jin tersebut menjadi awal dari penamaan Air Terjun Semirang. Kata dasar dari “Semirang” adalah “Wirang,” yang memiliki arti “malu.”

Wisata Dekat Air Terjun Semirang

Air Terjun Curug Lawe

Curug Lawe adalah salah satu air terjun yang terdapat di wilayah Gunung Ungaran. Tempat ini masih sangat tersembunyi, sehingga Anda perlu menjelajahi hutan untuk menikmati keindahan tebing batu dan air terjun yang mempesona ini.

Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep menawarkan beragam atraksi wisata Edu-Ecotour yang meliputi kegiatan bercocok tanam, beternak, pemanfaatan bahan limbah, pengolahan susu sapi, produksi kopi, dan gula aren, serta kerajinan bambu. Selain itu, desa ini juga menawarkan Air Terjun Curug Indrokilo.

Kesimpulan

Berikut informasi dari yawisata.com tentang wisata air terjun semarang. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari tempat wisata terbaru di Semarang.

Rate this post
Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

SILAYUR PARK…

Luqman Hakim
2 min read

Rainbow Adventure…

Luqman Hakim
2 min read

Lembah Gemantung:…

Luqman Hakim
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *