Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

2 min read

cara menjaga kesehatan mata di era digital

Di zaman digital saat ini, semakin banyak orang mengeluhkan masalah kesehatan mata. Mulai dari yang ringan hingga yang serius, termasuk Sindrom Penglihatan Komputer (SPK). Bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan mata di era digital ini?

Pada dasarnya, menjaga kesehatan mata tidaklah jauh berbeda antara masa sekarang dan masa lampau. Yang mungkin berbeda adalah tantangan yang dihadapi saat ini lebih besar karena kita menggunakan gadget setiap hari untuk bekerja dan berkomunikasi.

Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Nah berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata di era digital yang dapat anda lakukan dengan mudah:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Menurut American Academy of Ophthalmology, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata di era digital yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, dan zinc.

Berbagai jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut sangat mudah ditemukan, seperti wortel, bayam, brokoli, kacang, ikan tuna, salmon, dan telur.

2. Kurangi Pengunaan Lensa Mata

Menggunakan lensa kontak dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan iritasi, terutama jika lensa kontak tidak cukup bersih akan menyebabkan komplikasi mata.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga lensa kontak anda agar selalu bersih. Pastikan untuk melepas kontak mata sebelum istirahat. penting untuk menjaga agar lensa kontak selalu bersih dan tidak digunakan dalam waktu yang terlalu lama. Salah satu solusi untuk mengatasi mata minus yaitu dengan cara melakukan operasi LASIK.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Agar mata anda tetap sehat, sebisa mungkin untuk tidak merokok dan tidak meminuman minuman yang mengandung alkohol. Hal ini tidak hanya penting untuk kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga untuk kesehatan mata. Merokok dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Sama halnya dengan minuman beralkohol, sebaiknya juga dihindari. Minuman beralkohol tidak baik untuk tubuh secara keseluruhan. Selain itu, minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu pola tidur, dan menjadi salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata.

4. Kurangi Pengunaan Gadget

Salah satu penyebab mata mengalami gangguan akhir-akhir ini yaitu penggunaan smartphone yang berlebihan. Penggunaan smartphone meningkat sebanyak 76 persen, sementara penggunaan laptop meningkat sebanyak 45 persen, dan penggunaan komputer desktop meningkat sebanyak 32 persen.

Salah satu cara yang tepat yaitu dengan operasi. Harga lasik mata sendiri sekarang masih cukup terjangkau dan sangat sayang jika tidak menggunakan metode tersebut karena sudah terbukti.

5. Berikan Jeda

Jika Anda bekerja menggunakan komputer, laptop, atau gadget dalam waktu yang lama, Anda bisa menerapkan istirahat bagi mata dengan aturan 20-20-20.

Aturan ini mengharuskan untuk beristirahat setiap 20 menit sekali dengan melihat ke jarak yang jauh sekitar 20 kaki (6 meter) selama minimal 20 detik.

6. Jaga Jarak

Apabila Anda sering menatap layar terlalu dakat, itu akan berdampak pada kesehatan dan bisa menyebabkan Sindrom Pengelihatan Komputer atau yang biasa dikenal dengan CVS. Anda bisa menerapkan aturan 1-2-10.

7. Bersihkan Mata

Bagi para wanita, salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan rajin membersihkan sisa makeup atau riasan yang berada di area mata. Anda bisa menggunakan pembersih mata khusus, sehingga mata tidak mengalami iritasi jika terkena cairan pembersih.

8. Hindari Membaca di Tempat Gelap

Membaca dalam kondisi gelap atau pencahayaan dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih ruangan yang terang dan terbuka saat ingin membaca.

Hal yang sama berlaku ketika menggunakan gadget. Penting untuk memastikan adanya pencahayaan yang cukup saat menggunakan komputer atau gadget.

9. Periksa Kesehatan Mata

Agar mata Anda tetap sehat, bisa melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter mata sekali sebulan. Dengan menjalani pemeriksaan mata secara teratur ini, dokter mata dapat mendeteksi masalah atau gangguan pada mata sedini mungkin.

10. Hindari Berat Badan Berlebihan

Jaga berat badan Anda agar tidak mengalami obesitas. Pasalnya, diabetes dan obesitas dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Kesimpulan

Berikut artikel tentangĀ  Cara Menjaga Kesehatan Mata yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Rate this post
Luqman Hakim Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

8 Atlet…

Luqman Hakim
2 min read

Perubahan Kriteria…

Luqman Hakim
1 min read

Peran Penting…

Luqman Hakim
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *