Luqman Hakim Seorang lulusan S1 Teknik Sipil yang lahir dan besar di Yogyakarta. Sejak lama saya tertarik pada keindahan alam di sekitar saya. Hobi menulis tempat-tempat wisata menarik terutama yang berkaitan tentang alam.

Ini 5 Vaksin yang Ditanggung BPJS Kesehatan!

2 min read

vaccine 6109246 1280 ezgif.com jpg to webp converter

Apakah BPJS Cover Vaksin Anak

Apakah BPJS cover vaksin anak adalah sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para orang tua. Sebab memberikan anak bekal berupa imunisasi sejak lahir penting sekali.

Vaksin atau imunisasi anak merupakan salah satu hal yang wajib orang tua perhatikan demi menjaga kesehatan anak. Oleh sebab itulah, orang tua harus menyiapkan biaya imunisasi untuk anak mulai dari saat ini.

Pemberian vaksin bertujuan agar anak mempunyai kekebalan tubuh yang tahan pada serangan virus atau bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Lalu, sebenarnya berapakah biaya vaksin anak? Apakah BPJS cover vaksin anak? Agar mengetahui jawabannya kalian bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Apakah BPJS Cover Vaksin Anak ?

Saat ini, masih banyak orang tua yang merasa ragu untuk memberikan anaknya vaksin dikarenakan masalah biaya. Padahal sebenarnya terdapat beberapa jenis vaksin yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

BPJS Kesehatan melakukan kerja sama dengan layanan ataupun fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), yaitu puskesmas atau klinik vaksin anak Jogja bagi pemberian vaksin.

Agar dapat memakai layanan gratis ini, pastinya kalian perlu memastikan  terlebih dahulu kartu BPJS aktif. Artinya, tidak terdapat tunggakan pembayaran iuran kartu BPJS.

Jenis Vaksin yang Ditanggung BPJS

Vaksin rutin di cover oleh BPJS sesuai pada peraturan perundang-undangan yang ada. Hal tersebut berarti, BPJS Kesehatan menjamin pelayanannya, sedangkan pemerintah menyediakan vaksinnya.

Di bawah ini merupakan macam-macam vaksin yang dicover oleh BPJS berupa vaksin dasar lengkap 0 sampai 11 bulan.

1. BCG 1 Kali (Umur 1 Bulan)

Vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) merupakan imunisasi yang di cover oleh BPJS. Imunisasi ini dipakai dalam mencegah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan TBC.

Penyakit TBC sendiri memang memperoleh perhatian secara serius dari pemerintah sudah sedari lama. Sebab, Indonesia masih jadi salah satu negara dengan kasus yang paling banyak. 

2. DPT-HB 3 Bulan (Umur 2-4 Bulan)

Vaksin DPT juga dapat menggunakan BPJS. Vaksin ini direkomendasikan pemerintah bagi pencegahan penyakit pertusis (batuk  rejan), difteri, dan tetanus sejak balita.

Pemberian vaksin DPT dapat mencegah keadaan kesehatan yang serius. Termasuk juga dengan kematian. Biasanya imunisasi DPT dilakukan untuk bayi berumur 2, 3, dan 4 bulan. Kemudian dilanjutkan dengan booster di umur 18 bulan dan 5 tahun.

3. Polio 4 Kali (Umur 1 Bulan, Dilanjutkan Bulan Ke 2, 3, dan 4)

Jenis vaksin yang ditanggung oleh BPJS berikutnya yaitu polio. Ketika terkena polio, anak bisa mengalami radang selaput otak dan kelumpuhan. Oleh sebab itulah, penting sekali untuk tak melewatkan vaksin polio.

Vaskin ini dilakukan sebanyak 4 kali. Caranya bisa lewat oral (diteteskan ke mulut) maupun suntikan.

4. Campak 1 Kali

Campak pun termasuk ke dalam program vaksin dasar pemerintah. Jika terkena masalah kesehatan yang satu ini, seseorang dapat beresiko mengalami radang otak dan radang paru.

Vaksin campak yang dicover oleh BPJS sebanyak satu kali. Nantinya, orang tua perlu memberi booster pada anak berumur 18 bulan dan 5  hingga 7 tahun.

5. Vaksin Hepatitis (Imunisasi HB-0)

Imunisasi ini diberikan ada bayi baru lahir dengan ibu yang mmepunyai masalah hepatitis B, bukan bagi kasus bayi berat badan lahir rendah. Pemberian imunisasi ini tak boleh diberikan lewat dari 24 jam sesudah bayi dilahirkan.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi bahwa kelima vaksin tadi masuk ke dalam vaksin dasar anak lengkap yang  ditujukan untuk bayi berumur  0 hingga 11 bulan.

Selanjutnya, vaksin lanjutan dari berbagai macam vaksin pokok di atas dapat dilanjutkan pada saat anak masuk pada kelompok umur di bawah 2 tahun. Program vaksin anak sekolah (BIAS) akan diimplementasikan pada waktu anak masuk umur di sekolah dasar.

Adapun jenis vaksin anak yang umumnya diberikan di sekolah yaitu vaksin bagi penyakit tetanus, campak, dan difteri.

Akhir Kata

Nah, sesudah kalian membaca penjelasan di atas, tentu kalian sudah tahu bukan apakah BPJS cover vaksin anak dan jenis vaksin mana yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Untuk itu, kalian tak perlu ragu lagi untuk membawa si kecil ke dokter anak Jogja untuk mengikuti program vaksin dasar. Dan yang paling penting, pastikan bahwa si kecil telah menjadi peserta aktif BPJS Kesehatan.

Rate this post
Luqman Hakim Seorang lulusan S1 Teknik Sipil yang lahir dan besar di Yogyakarta. Sejak lama saya tertarik pada keindahan alam di sekitar saya. Hobi menulis tempat-tempat wisata menarik terutama yang berkaitan tentang alam.

Rekomendasi Restoran…

Luqman Hakim
1 min read

Jaga Stamina…

Luqman Hakim
2 min read

Beli Mesin…

Luqman Hakim
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *